Skip to main content

Tips Bagaimana Cara Masuk STAN

Hello selamat datang di blog ini. Pada kali ini saya akan memberikan berbagi tips dan trik buat kalian bagaimana cara masuk STAN, atau sekarang ini sudah berganti nama menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN. Yuk simak tips dan triknya.
Tips Bagaimana Cara Masuk PKN STAN

PKN STAN adalah salah satu sekolah kedinasan dengan peminat yang sangat banyak, pada tahun 2018 tercatat lebih dari 140 ribu orang mendaftar di perguruan tinggi kedinasan ini, yang mana kuota untuk masuk PKN STAN ini adalah 7 ribuan orang. Mengapa sih banyak sekali orang berbondong-bondong masuk PKN STAN ?

Banyak sekali faktor-faktor mengapa orang berminat masuk sekolah kedinasan PKN STAN ini, Pertama karena sekolahnya gratis, kedua setelah tamat kita akan langsung diangkat menjadi PNS, jadi kalian tidak perlu bawa-bawa ijazah kesana kemari dan tidak perlu pusing-pusing akan melamar perkerjaan dimana, dan masih banyak sekali keuntungannya.

Melihat pendaftar PKN STAN yang begitu banyak, tahun 2018 lebih 140 ribu orang yang mendaftar dan yang diterima hanya 7 ribuan orang, pada tahun 2017 lebih dari 160 ribu orang yang mendaftar dan yang keterima hanya kurang dari 7 ribu orang. Bagaimana setelah melihat data tersebut ? apa yang kalian rasakan ? minder? Atau gak percaya diri dengan kemampuan sendiri?, iya itu masih persaingan sekolah belum lagi nanti persaingan saat tes CPNS Umum lebih banyak lagi.

Sebelumnya silahkan lihat link berikut Ini Kisahku : Cara Masuk STAN . Itu merupakan perjalanan kisah saya dari awal sampai saya dinyatakan lulus di Politeknik Keuangan Negara STAN. Dari pada berlama-lama yuk simak artikel berikut

Berikut Tips Bagaimana Masuk PKN STAN

1. Hal yang Paling Utama adalah Niat

Pertama kali siapkan niat kali dengan kuat, jangan setengah-setengah, jika kalian ingin masuk sekolah kedinasan PKN STAN, pasang niat sekuat mungkin. Jika kalian sudah berniat ingin masuk STAN kalian akan semangat untuk belajar dan terus belajar dan kalian akan tulus menjalaninya dengan baik dan benar, jangan pantang menyerah, ketika kalian lelah belajar, cobalah pandang wajah orang tua kalian yang sudah lelah membiayakan hidup kalian. Apalagi kuliah itu tidaklah murah, uang semester bisa berjuta-juta, namun ketika kalian lulus di PKN STAN kalian tidak perlu membayar uang semester berjuta-juta dan kalian sudah dijamin setelah lulus langsung bekerja menjadi Pegawai Negeri Sipil.

2. Jangan Minder ataupun Tidak Percaya Diri

Banyak sekali yang saya temukan orang-orang yang ingin masuk stan tapi mereka pada minder, alasannya adalah tidak pintar, tidak bisa matematika, tidak bisa Bahasa inggris, atau tidak percaya diri karena mendapatkan ranking yang rendah di kelas. Ingat ketika kalian masuk STAN, kalian tidak akan dilihat seberapa pintarnya kalian dikelas, tidak akan dilihat sejago apa matematika ataupun Bahasa inggris kalian, yang terpenting adalah mulai belajar dari sekarang, jika kalian mengubah nasib kalian, yang dulu dikelas suka tidur, cobalah untuk serius belajar, bahas soal ujian masuk STAN. Kakak tingkat saya dulu saat di SMA suka tidur, suka main-main, bahkan di pandang rendah ketika dia ingin masuk STAN tapi karena dia niat dan ingin merubah nasib, dia coba belajar soal ujian masuk STAN dan akhirnya dia lulus. Jangan pikirkan, nanti saya tidak mampu belajar di STAN, ketika kalian masuk STAN lingkungan kalian adalah orang-orang hebat, ketika kalian Bersama orang-orang hebat, otomatis kalian akan tertular, jadi otomatis kalian akan belajar dan mampu belajar di STAN, sekarang ini cukup pikirkan bagaimana saya lulus di PKN STAN. Dan ketika tes nanti jangan pikirkan banyaknya orang yang ikut tes, jangan buat diri kalian minder, cukup pasang mindset yaitu kalian pasti bisa lulus, kalian bisa melewati orang-orang tersebut.

3. Terus Bahas Soal Ujian Masuk PKN STAN

Ini adalah yang paling penting, kalian harus terus bahas soal ujian masuk PKN STAN, setidaknya dalam sehari itu ada yang kalian jawab, misalnya saya dulu sebelum berangkat sekolah biasanya jawab 10 soal dulu, begitu terus saya lakukan. Usahakan kalau belajar soal ujian masuk STAN menggunakan waktu, karena yang paling banyak dikeluhkan peserta tes adalah waktu yang begitu sedikit, makanya kalian harus berlatih dengan waktu, kalau masih sekolah usahakan setiap minggu bikin Try Out sendiri dengan menggunakan waktu. Tips belajar, kalau mau belajar itu lebih baik pada saat subuh, karena paling cepat ingatnya, dan otak kita masih fresh apalagi masih sepi dan masih bisa fokus.
Ingat ketika kalian terus menjawab soal ujian masuk stan, jangan dihafal yang paling penting pahami alurnya, soal tes nanti dikatakan mirip gak juga, jadi gunanya kalian belajar membahas soal ujian masuk stan itu adalah melatih otak kalian untuk berpikir cepat.

4. Jaga Kesehatan

Ketika niat sudah, terus kalian sudah memiliki percaya diri dan tidak minder lagi, belajar sudah, terus waktu tes pun sebentar lagi, apa yang harus dilakukan, pertama yang dilakukan adalah jaga kesehatan kalian, jangan suka begadang, tidur yang cukup, apalagi nanti H-1 sebelum ujian, jangan begadang karena itu akan bisa membuat otak kalian kacau balau dan menghancurkan konsentrasi kalian. H-1 sebelum ujian lebih baik banyak bersantai, belajar boleh tapi lihat-lihat sedikit aja, mengingat yang lupa, jadi H-1 ini lebih baik perbanyak refreshing, biar kalian lebih fresh, dan biar kalian tidak berada pada tekanan, santai dan enjoy, Saya dulu H-1, belajar iya, tapi banyak nonton tv dan lain-lain.

5. Banyak Berdoa

Ketika semuanya sudah dilakukan, dan ujianpun sudah selesai dilaksanakan terakhir kalian tinggal berserah diri kepada Allah SWT. Jika kalian diizinkan untuk kuliah di PKN STAN maka kalian akan dinyatakan lulus, tetapi ketika belum rezekinya, tetap semangat kalian bisa coba lagi tahun depan, tetap positif thinking dan ambil hikmahnya, rencana Allah SWT adalah yang terbaik.

Begitulah tips dan trik bagaimana cara masuk PKN STAN, tips tersebut berdasarkan pengalaman pribadi saya, jika kalian suka silahkan share keteman-teman kalian. Terima kasih sudah berkunjung, dan semoga kalian bisa berkuliah di PKN STAN, ketika sudah lulus jangan besar hati, karena perjalanan baru dimulai. Mohon maaf jika ada kata-kata yang salah atau yang membuat kalian bingung dan sekali lagi saya ucapkan terima kasih sudah datang di blog ini.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar